Template by:
Free Blog Templates

outside world

Arti Nama-Nama Bulan di Tahun Masehi
Januari terambil
dari nama dewa norna “Janus”. Dewa ini mempunyai dua wajah. Yang satu
melihat masa yang telah lalu dan satu lagi menatap masa depan yang
penuh rahasia.

Februari berasal dari kata latin “Februna” yaitu pesta penyucian yang diselenggarakan tiap tanggal 15 Februari oleb banqsa Romawi Kuno.

Maret
awalnya tercantum sebagai bulan pertama dalam kalender Julian. Kemudian
barulah urutannya pada bulan ketiga seperti sekarang ini. Terambil dan
nama dewa perang “mars”.
 
April ada yang mengatakan berasal dari nama dewa cinta Yunani “Aphrodite”.

Mei konon berasal dari kata “Mob Mayesto” dewa musim semi. Pada bulan ini diadakan festival meriah dan pemilihan ratu dan raja.

Juni terambil dari nama “Juno” dewi yang melambangkan kewanitaan dan kebahagiaan keluarga.

Juli
dipilih oleh penguasa Roma, Mark Antoni dan nama “Julius Caesar” (raja
Roma), sebagai penghormatan bagi Caesar yang terbunuh oleh pengawalnya
sendiri Brutus.
 
Agustus penguasa Roma “Au-gustus” menyebut nama bulan kedelapan sesuai namanya sendiri.

September
berasal dari bahasa latin untuk angka ke-tujuh yaitu “Septa’. Tatkala
pada abad 8 SM pembaqian satu tahun diubah dari 10 bulan menjadi 12
bulan, September yang terletak di urutan ketujuh, kini menjadi bulan
kesembilan.
 
Oktober diambil dari bahasa Latin: octo yang berarti ”delapan” karena dahulu kala tahun bermula pada bulan Maret.

November, dari bahasa latin untuk angka 9 “Novum’ Meskipun November (11) kini menjadi bulan ke-11, tapi namanya tidak diubah.

Desember
dari bahasa latin untuk angka 10, yattu “Decem”. Desernber adalah bulan
yang ditutupi saiju dan es. Bulan ini dinamakan bulan suci karena
upacara keagamaan Kristen yaitu peringatan  kelahiran Yesus Kristus yang disebut Natal. (Source: Media Ummat Edisi 57; Halaman 5).


bersambuuung ....

8 BINATANG ANEH DIDUNIA

1.Seapig:
Quote:
This is some kind of weird deep sea sea-cucumber.


Spoiler for 2.Ajolote:
Quote:
Not to be confused with the Axolotl (which comes later) this is an Ajolote, which is a freaky long retile found in Mexico with only two legs.


Spoiler for 3.Aye-Aye:
Quote:
Looking like a hellspawn, the aye-aye is a native of Madagascar (where you find the cute lemurs).. it uses it's extremely long finger to tap out and find grubs burrowing in wood and then uses the same digit to dig them out...


Spoiler for 4.Chinese and Japanese Giant Salamander:
Quote:
Both grow up to about 2 metres long... are predators which eat fish and crustaceans..


Spoiler for 5.Giant Isopod:
Quote:
Looking like a giant roach or worse, they inhabit the deep atlantic and thankfully, not the beaches off the east coast..


Spoiler for 6.Thorny Devil Lizard:
Quote:
Resident of australia, it lives in the desert and eats ants.. the thorns prevent it from being eaten by other creatures


Spoiler for 7.Sea Devil:
Quote:
Some kind of deep sea angler-fish with a huge expandable stomach... it has lots of hair-like things which may be used to attract its prey...


Spoiler for 8.Pygmy Marmoset:
Quote:
Native of brazil, the marmoset is one of the smallest monkeys on the planet..
 bersambuung ...

Tujuh Keajaiban Rusia



1.The Baikal Lake
Spoiler for Lake:





This lake is situated in Eastern Siberia and considered to be the deepest lake in the world as well as the biggest freshwater tank on the Earth. It is 1500 meters deep (~5000 feet). Look how clean the water is. The view is really enthralling.


2.Valley of the Geysers
Spoiler for Valley:
The landmark is located on the Kamchatka peninsula and comprises of hundreds living geysers. The place is in the list of UNESCO World’s Heritage.







3.Mother Motherland monument
Spoiler for Mom:

This memorial of huge sizes was built in the end of 50’s to pay the tribute to the memory of those people who were killed on their duties during the WWII. The monument is in Guinness Book of World Records as the highest monument at that time. The woman symbolizes Russia and is two times higher than Statue of Liberty with 85 meters high (~280 feet.)





4.Peterhof
Spoiler for peterhof:

The place was built to the order of Peter the First in the beginning of 17-th century and is situated nearby Saint-Petersburg. It is considered to be the top tourist attraction in the whole Russia.



5.Saint Basil’s Cathedral
Spoiler for cathedral:
no comment.






6.Poles of the Komi Republic
Spoiler for Poles:

No one knows how long ago they were created, but for sure scientists know that only nature could create such a thing. Estimated age is 200 million years and their height is 42 meters at most (~140 feet.)





7.Elbrus
Spoiler for Elbrus:


The mountain is the highest point in Russia and some people believe that it is also the highest point in Europe. Lots of tourists, ski and snowboaring lovers visit this place yearly. Its height is 5600 meters which is 18600 feet.



 bersambung...

10 Penyakit Aneh di Dunia

1.Penyakit Kaki Gajah (Elephantiasis)

Penyakit kaki gajah atau Lymphatic Filariasis dapat langsung dikenali dari bentuk kaki atau lengan penderita yang membesar. Penyakit ini disebabkan oleh cacing parasit yaitu Wuchereria Bancrofti, Brugia Malayi dan B.Timori yang semuanya dapat ditularkan oleh nyamuk. penyakit ini telah menyerang lebih dari 120 juta orang didunia.
Ketika nyamuk betina yang terinfeksi menggigit seseorang, larva yang disebut microfilariae menyebar di dalam aliran darah, larva ini dapat bertahan hidup tahunan. sering kali efek penyakit ini baru muncul setelah setahun terinfeksi.

2.Progeria

Progeria disebabkan oleh satu kesalahan kecil di dalam kode genetik si anak, tetapi hal itu telah menghancurkan dan mengubah hidup seseorang. Rata-rata anak yang lahir dengan penyakit ini akan meninggal pada umur 13 tahun, karena tubuh mereka mengalami penuaan lebih cepat seperti kebotakan, penyakit jantung, pelemahan tulang dan radang sendi.
Untung penyakit ini sangat jarang terjadi, hanya sekitar 48 orang yang terserang penyakit ini diseluruh dunia, tetapi ada sebuah keluarga yang mempunyai 5 anak yang semuanya terserang penyakit ini.

3.Werewolf Syndrome

Ketika rambut mulai tumbuh di wajah anak berumur 2 tahun bernama Abys DeJesus, dokter segera mengenali gejala tersebut sebagai Human Werewolf Syndrome.Penyakit ini disebut Werewolf Syndrome karena orang dengan penyakit ini di seluruh tubuhnya akan tumbuh rambut seperti halnya werewolves (tentunya tanpa gigi tajam dan cakar).

4.Blue Skin Disorder

Sebuah keluarga besar yang dikenal sebagai `orang biru` tinggal di bukit di sekitar Troublesome Creek di Kentucky sampai tahun 1960an. mereka adalah Blue Fugates, kebanyakan dari mereka hidup sampai umur 80 tahunan, mereka tidak punya penyakit serius, hanya kulit yang berwarna biru, penyakit ini diteruskan secara turun-temurun. orang dengan penyakit ini kulitnya akan berwarna biru, plum, atau hampir ungu.

5.Pica

Orang yang di diagnosa penyakit ini mempunyai kebutuhan untuk memakan substansi bukan-makanan seperti tanah, kertas, lem dan tanah liat. meskipun hal itu dihubungkan dengan kekurangan mineral, pakar kesehatan tidak menemukan penyebab pasti dan obat untuk ketidakteraturan ini.

6.Vampire Disease : Takut Matahari

Terdapat beberapa orang yang ketika keluar rumah selalu menghindari sinar matahari, jika kulit mereka terkena matahari maka kulitnya akan melepuh.Beberapa bahkan langsung melepuh meski baru terkena sinar matahari. mereka bukan vampir, tidak meminum darah dan tidur di peti mati, cuma mereka memiliki penyakit langka yang memiliki gejala seperti si penghisap darah itu.

7.Alice in Wonderland Syndrome

AIWS or Micropsia adalah suatu kondisi yang mempengaruhi persepsi pengelihatan manusia. obyek akan terasa lebih kecil daripada kenyataanya, umumnya obyek yang dilihat akan nampak sangat jauh atau sebaliknya terasa sangat dekat sekali pada waktu yang bersamaan.Untuk contohnya seekor anjing akan tampak sebesar tikus atau mobil akan mengecil sampai seperti mainan. kondisi ini terkait dengan persepsi saja, kesalahan otak mengolah informasi bukan karena struktur mata si pasien yang rusak.

8.Blaschko’s Lines

Penyakit satu ini super langka dan tidak dapat dijelaskan, pertama kali dikenalkan pada tahun 1901 oleh ahli dermatologi dari Jerman bernama Alfred Blaschko’s.Penyakit ini tidak memiliki gejala yang dapat diramalkan, efek penyakit ini adalah timbulnya bentuk V pada tulang belakang atau S pada dada dan perut.

9.Walking Corpse Syndrome

Suatu sindrom akibat tekanan mental dimana pasien mengeluh kehilangan sebagian tubuhnya atau keseluruhan badannya. seringkali mereka merasa telah meninggal dan menjadi mayat berjalan.
Khayalan ini biasanya berkembang, bahwa pasien dapat mencium daging tubuhnya yg membusuk atau merasakan cacing merayap dikulitnya. peristiwa ini dapat terjadi pada orang yang kekurangan tidur atau menderita penyakit kejiwaan akibat mengonsumsi amphetamine/cocaine.

10. Jumping Frenchman Disorder. (Penyakit jangan Tegur)

Penderita penyakit ini tidak boleh dikejutkan oleh suatu suara atau pengelihatan yang tak diduga. Orang normal akan menoleh ketika ada suara atau sesuatu di belakang kita. Tetapi penderita penyakit ini akan mengeluarkan tindakan refleks yg aneh seperti memukul lengannya, memukul wajahnya, terjerit2 atau bercakap berulang-ulang perkataan yg sama.

Satu Lagi Penyakit Terseram Di Dunia, Black Death





Black Death adalah epidemik wabah penyakit PES dan radang paru-paru yang memporakporandakan Eropa antara tahun 1347 dan 1351. Black Death yang terjadi sekitar tahun 1300-an itu mungkin merupakan bencana terburuk yg pernah menimpa peradaban manusia di muka bumi ini.
Menyebar keseluruh Duna, Black Death Setidaknya telah membunuh kurang lebih 40 juta orang, termasuk diantaranya 25 juta orang di Eropa. Faktanya, Black Death membunuh satu dari setiap empat orang Eropa hanya dalam waktu empat tahun.

Penyakit ini mungkin berawal dari China, kemudian ditularkan pada orang-orang eropa ketuka seorang Kipchak (Mongol) menyerbu sebuah keramaian dengan melemparkan jenazah yang terinfeksi ke tengah pusat perdagangan di Crimea.

Kejadian awal di Eropa awalnya disebut sebagai "Mortalitas Besar" (Great Mortality) oleh para penulis kontemporer. Nama "Kematian Hitam" umumnya dianggap berasal dari gejala khas dari penyakit ini, yang disebut acral necrosis, di mana kulit penderita menjadi menghitam karena pendarahan subdermal. Catatan sejarah telah membuat sebagian besar ilmuwan meyakini bahwa Kematian Hitam adalah suatu serangan wabah bubonik yang disebabkan bakteri Yersinia pestis dan disebarkan oleh lalat dengan bantuan hewan seperti tikus hitam (Rattus rattus), walaupun ada juga kalangan yang menyangsikan kebenaran hal ini.

Kemudian wabah tsb mencapai Genoa pada 1347, lalu menyebar ke bagian barat dan utara, mencapai London dan Paris pada 1348.

Wabah tsb mungkin dibawa pertama kali oleh kutu tiklus yang juga dapat hidup pada manusia. Hal itu kemudian berubah menjadi wabah penyakit radang paru-paru yang menyebar melalui batuk dan bersin.

Setelah wabah black death ini, tanah lapang dipenuhi dengan maya-mayat,rumah-rumah, desa-desa dan perkotaan menjadi sunyi dan kosong.

Setelah itu terjadilah kelangkaan tenaga kerja sehingga upah mereka meningkat dan banyak budak yg mendapatkan kemerdekaan mereka.

Konon, ribuan kerangka manusia yg digunakan sebagai kontruksi dasar bangunan Evora Chapel di Portugal itu merupakan kerangka para korban keganasan wabah Black Death .

Ini gan foto fotonya
Spoiler for tengkorak:

Spoiler for tengkorak:

Spoiler for wabah black death:

Spoiler for wabah black death:

Spoiler for wabah black death:

Spoiler for wabah black death:

Spoiler for wabah black death:

Spoiler for wabah black death:

Spoiler for wabah black death:

Spoiler for wabah black death:


Buat yang nanya apa itu penyakit pes ini ane jelasin :
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang bernama Pasteurella pestis. Pes merupakan infeksi pada hewan pengerat liar, yang dikeluarkan dari satu hewan pengerat ke hewan lain dan kadang-kadang dari hewan pengerat ke manusia karena gigitan pinjal.

Spoiler for pastreulla pestis:


Pasteurella pestis adalah batang Gram-negatif gemuk yang menunjukkan pewarnaan bipolar yang mencolok dengan pewarnaan khusus. Bakteri ini tidak bergerak. Bakteri ini tumbuh sebagai anaerob fakultatif pada banyak perbenihan bakteriologi. Pertumbuhan bakteri lebih cepat bila berada dalam perbenihan yang mengandung darah atau cairan jaringan dan tumbuh paling cepat pada suhu 30o C. Dalam biakan agar darah pada suhu 37o C, dalam 24 jam dapat muncul koloni yang sangat kecil. Suatu inokulum virulen, yang berasal dari jaringan terinfeksi, menghasilkan koloni abu-abu dan kental, tetapi setelah dibiak ulang di laboratorium, koloni menjadi tak teratur dan kasar. Organisme ini tidak banyak memiliki aktivitas biokimia, dan hal ini agak bervariasi.


10 Tempat Paling Tercemar Di Dunia

1.Chernobyl, Ukraina
http://www.sydneyr.det.nsw.edu.au/support/curriculum/ict/dulwich07/Migration%20pictures/Chernobyl.jpg
Chernobyl adalah kota di utara Ukraina rumah bagi bencana Chernobyl tahun 1986, yang terburuk kecelakaan PLTN dalam sejarah. Sekali rumah bagi lebih dari 14.000 penduduk, sebagian besar kota tetap tidak berpenghuni dan tidak aman saat ini disebabkan oleh kontaminasi radioaktif luas.

2.Linfen, Cina
http://wong168.files.wordpress.com/2009/06/worst-places-to-live-10.jpg
Linfen memiliki lebih banyak polusi udara dari kota-kota lain di dunia. Duduk di jantung batubara Cina sabuk, asap dan jelaga dari polutan industri dan mobil menghitamkan udara di semua jam. Dikatakan bahwa jika Anda menggantung cucian Anda di sini, itu akan berubah hitam sebelum mengering

3.Pasifik Utara Pilin
http://4.bp.blogspot.com/_7xGESFZ0NC8/SrOJDgzsPRI/AAAAAAAAK5o/Ft-h6e5GMco/s400/5.jpg
Sebuah pulau dari sampah dua kali ukuran Texas mengapung di tengah-tengah Samudera Pasifik, diedarkan oleh arus Pasifik Utara pilin. Tempat sampah, yang sebagian besar terdiri dari sampah plastik, mengapung sedalam 30 kaki di bawah permukaan.

4.Rondônia, Brasil

Rondônia adalah sebuah negara di barat laut Brasil, bersama dengan negara-negara bagian Mato Grosso dan Pará, adalah salah satu daerah yang paling gundul dari hutan hujan Amazon. Ribuan hektar hutan telah diiris dan dibakar di sini, terutama untuk memberikan ruang bagi peternakan.

5.Sungai Yamuna, India
http://1.bp.blogspot.com/_7xGESFZ0NC8/SrOIxQEumTI/AAAAAAAAK5Y/eRNIH8W2wmk/s400/7.jpg
Yamuna adalah anak sungai terbesar Sungai Gangga. Mana mengalir melalui Delhi, itu diperkirakan bahwa 58 persen dari sampah kota langsung dicampakkan ke dalam sungai. Jutaan orang India masih mengandalkan keruh ini, kotoran-penuh air untuk mencuci, pembuangan limbah dan air minum.

6.La Oroya, Peru
http://www.reportajeperu.com/foto/5828.jpg
La Oroya adalah pertambangan tertutup jelaga kota di Pegunungan Andes, Peru. Sembilan puluh sembilan persen dari anak-anak yang tinggal di sini memiliki tingkat darah yang melebihi batas yang dapat diterima untuk keracunan timbal, yang dapat langsung dihubungkan ke smelter milik Amerika yang telah mencemari kota sejak 1922.

7.Danau Karachay, Rusia
http://images.businessweek.com/ss/07/02/0213_polluted_cities/image/13_mayak_00.jpg
Menurut sebuah laporan oleh Worldwatch Institute di limbah nuklir, Karachay adalah tempat yang paling tercemar di Bumi. Ini digunakan oleh Uni Soviet sebagai situs dumping nuklir, dan sekarang tingkat radiasi di sini sangat tinggi sehingga itu cukup untuk memberikan dosis yang mematikan setelah hanya satu jam pemaparan.

8.Haiti

Haiti bangsa ini pernah 60 persen tertutup hutan. Hari ini, hanya 2 persen dari negara masih memiliki pohon-pohon berdiri. Gambar ini menunjukkan udara perbatasan antara Haiti (kiri) dan Republik Dominika (kanan). Haiti telah membersihkan hampir setiap pohon sampai ke perbatasannya.

9.Kabwe, Zambia
http://realitybend.com/img/cleanest/kabwe.jpg
Memimpin dan cadmium merendam perbukitan Kabwe setelah puluhan tahun pertambangan dan pengolahan. Anak-anak di sini telah menyebabkan konsentrasi lima hingga 10 kali yang diperbolehkan US Environmental Protection Agency level, dan tanah begitu terkontaminasi bahwa tidak ada yang dapat tumbuh.

10.Appalachia, West Virginia
http://2.bp.blogspot.com/_AilYXNOaaxY/SZZOgf805iI/AAAAAAAAAYE/OMK6WFvJCLM/s320/CS_appalachia.jpg
Gunung penghapusan pertambangan adalah salah satu dunia yang paling merusak lingkungan praktik, dan hal ini sangat berhubungan dengan pertambangan batubara di West Virginia's Appalachian Mountains. Seluruh puncak gunung dikeluarkan untuk sampai ke batubara, yang meningkatkan erosi dan limpasan tebal dengan polutan, keracunan sungai dan sungai di seluruh wilayah.












PONDOK MODERN DARRUSSALAM GONTOR





Sejarah
Pondok Gontor didirikan pada 10 April 1926 di Ponorogo, Jawa Timur oleh tiga bersaudara putra Kiai Santoso Anom Besari. Tiga bersaudara ini adalah KH Ahmad Sahal, KH Zainudin Fananie, dan KH Imam Imam Zarkasy dan yang kemudian dikenal dengan istilah Trimurti.
Pada masa itu pesantren ditempatkan di luar garis modernisasi, dimana para santri pesantren oleh masyarakat dianggap pintar soal agama tetapi buta akan pengetahuan umum. Trimurti kemudian menerapkan format baru dan mendirikan Pondok Gontor dengan mempertahankan sebagian tradisi pesantren salaf dan mengubah metode pengajaran pesantren yang menggunakan sistem watonan (massal) dan sorogan (individu) diganti dengan sistem klasik seperti sekolah umum. Pada awalnya Pondok Gontor hanya memiliki Tarbiyatul Atfhfal (setingkat taman kanak-kanak) lalu meningkat dengan didirikannya Kulliyatul Mu'alimin Al-Islamiah (KMI) yang setara dengan lulusan sekolah menengah. Pada tahun 1963 Pondok Gontor mendirikan Institut Studi Islam Darussalam (ISID).
Pesantren Gontor dikelola oleh Badan Wakaf yang beranggotakan tokoh-tokoh alumni pesantren dan tokoh yang peduli Islam sebagai penentu Kebijakan Pesantren dan untuk pelaksanaannya dijalankan oleh tiga orang Pimpinan Pondok(Kyai) yaitu KH Hasan Abdullah Sahal (Putra KH Ahmad Sahal). Dr. KH Abdullah Syukri Zarkasy (putra KH Imam Zarkasy)dan KH Syamsul Hadi Abdan,S.Ag. Tradisi pengelolaan oleh tiga pengasuh ini, melanjutkan pola Trimurti (Pendiri).
Pada saat peristiwa Madiun tahun 1948 saat Muso telah menguasai daerah Karesidenan Madiun (Madiun, Ponorogo, Magetan, Pacitan dan Ngawi) dan membunuhi banyak tokoh agama, dimana pada saat itu TNI sudah dilumpuhkan oleh PKI, Pesantren Gontor diliburkan dan santri serta ustadnya hijrah guna menghindar dari kejaran pasukan Muso. KH Ahmad Sahal(alm) selamat dalam persembunyian di sebuah Gua di pegunungan daerah Mlarak. Gua tersebut kini disebut dengan Gua Ahmad Sahal. Kegiatan Pendidikan Pesantren dilanjutkan kembali setelah kondisi normal.
Pandangan Modern KH Ahmad Sahal, sebagai Pendiri tertua dari Trimurti dan kedua adiknya yaitu KH Zainudin Fanani dan KH Imam Zarkasy diwujudkan pula dalam menyekolahkan putra-putrinya selain di sekolah agama (pesantren) juga di sekolah umum. Drs. H. Ali Syaifullah Sahal (alm) alumni Filsafat UGM dan sebuah Universitas di Australia, dosen di IKIP Malang; Dra. Hj. Rukayah Sahal dosen IKIP (UMJ) Jakarta dll.
Dan tentu menjadi bahan pemikiran anggota Badan Wakaf saat ini, untuk mewujudkan Pesantren Gontor menjadi semacam Universitas Al Azhar di Mesir, sebuah universitas yang memiliki berbagai bidang kajian (Agama serta Ilmu dan Teknologi) yang berbasiskan Islam.
Pada tahun 1994 didirikan pondok khusus putri untuk tingkat KMI dan pendidikan tinggi yang khusus menerima alumni KMI. Pondok khusus putri ini menempati tanah wakaf seluas 187 hektar. Terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Mantingan, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Kini, pondok khusus putri memiliki lima cabang, tiga cabang berlokasi di Ngawi, satu cabang di Sulawesi Tenggara dan satu di Kediri.
Hingga kini gontor telah memiliki 10 cabang yang terdiri dari 13 kampus di seluruh Indonesia dan santri/ santriwatinya mencapai 14.273 orang. Tidak seperti pesantren pada umumnya, para pengajarnya pun berdasi dan bercelana panjang pantalon.

Kulliyatul-Mu'allimin al-Islamiyah (KMI)
Adalah jenjang pendidikan menengah di Pondok Gontor yang setara dengan SMP dan SMA. Masa belajar dapat diselesaikan dengan empat tahun dan/atau enam tahun
Jam belajar
Jam belajar di pondok gontor dimulai pada jam 04.30 saat salat subuh dan berakhir pada pukul 22:00.
Jam belajar ini terbagi menjadi dua bagian:
  • Pendidikan formal dimulai dari pukul 07:00 - 12:15
  • Pengasuhan dimulai pukul 13.00
Kurikulum dan Pelajaran
Kurikulum KMI yang bersifat akademis dibagi dalam beberapa bidang, yaitu:
  • Bahasa Arab
  • Dirasah Islamiyah
  • Ilmu keguruan dan psikologi pendidikan
  • Bahasa Inggris
  • Ilmu Pasti
  • Ilmu Pengetahuan Alam
  • Ilmu Pengetahuan Sosial
  • Keindonesiaan/ Kewarganegaraan.
KMI membagi pendidikan formalnya dalam perjenjangan yang sudah diterapkan sejak tahun 1936. KMI memiliki program reguler dan program intensif.
  • Program reguler untuk lulusan Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) dengan masa belajar hingga enam tahun. Kelas I-III setingkat dengan pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) jika mengacu pada kurikulum nasional dan kelas IV-VI setara dengan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (MA).
  • Program intensif KMI untuk lulusan SMP/MTs yang ditempuh dalam 4 tahun.
  • Bahasa Arab dan bahasa Inggris ditetapkan sebagai bahasa pergaulan dan bahasa pengantar pendidikan, kecuali mata pelajaran tertentu yang harus disampaikan dengan Bahasa Indonesia. Bahasa Arab dimaksudkan agar santri memiliki dasar kuat untuk belajar agama mengingat dasar-dasar hukum Islam ditulis dalam bahasa Arab. Bahasa Inggris merupakan alat untuk mempelajari ilmu pengetahuan/umum.
  • Pengasuhan santri adalah bidang yang menangani kegiatan ekstrakurikuler dan kurikuler. Setiap siswa wajib untuk menjadi guru untuk kegiatan pengasuhan pada saat kelas V dan VI jika ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi di ISID, mereka tidak akan dipungut biaya, tetapi wajib mengajar kelas I-VI di luar jam kuliah.mengajar kuliah dan membantu pondok itulah yang di lakukan sebagai bentuk pengabdian dan pengembangan diri,
fidul qur'an dan mengadopsi kurikulum gontor, yang beralamat di jl.sikatan belakang kantor kecamatan sumberrejo-bojonegoro JATIM
  • Pelatihan tambahan bagi guru dengan materi yang sesuai dengan standar pendidikan nasional.
  • Keterampilan, kesenian, dan olahraga tidak masuk kedalam kurikulum tetapi menjadi aktivitas ekstrakurikuler.
  • Siswa diajarkan untuk bersosialisasi dengan membentuk masyarakat sendiri di dalam pondok, melalui organ organisasi. Mulai dari ketua asrama, ketua kelas, ketua kelompok, organisasi intra/ekstra, hingga ketua regu pramuka. Sedikitnya ada 1.500 jabatan ketua yang selalu berputar setiap pertengahan tahun atau setiap tahun.
  • dan terdapat banyak pondok alumninya, diantaranya adalah pondok alumni yang ada di bojonegoro, SMP PUTRI AISYIYAH, SMP yang termasuk di dalamnya tah
  • Ada dua jenis katagori kelas yang ada di Pondok Gontor. Yaitu katagori kelas biasa dan katagori kelas intensif. Kelas biasa dimulai dari kelas 1 biasa, kelas 2 biasa dan seterusnya sampai kelas akhir. Berarti murid akan menghabiskan masa 6 tahun untuk mencapai kelas akhir. Katagori kelas biasa dikhususkan untuk murid-murid yang baru menghabiskan SD (sekolah Dasar) atau SR (sekolah rendah) atau sekolah ibtida'iyah yang mana murid tersebut biasanya berusia 13 tahun.

    Katagori kelas intensif dikhususkan bagi murid yang telah menyelesaikan jenjang pendidikan SMP (Sekolah Menengah Pertama)atau SPM (Sijil Pelajaran Malaysia) biasanya berusia 15 tahun ke atas. Kelas intensif dimulai dari kelas 1 intensif, kelas 3 intensif, kelas 5 dan kelas akhir. Berarti murid akan menghabiskan masa 4 tahun untuk mencapai kelas akhir. Beda dua tahun lebih awal daripada kelas biasa.


    Bagi calon-calon murid yang berusia 16 tahun ke atas bahkan ada calon murid yang berusia 25 tahun, maka akan dimasukkan ke dalam katagori kelas intensif yang tentunya akan menghabiskan masa 4 tahun untuk sampai ke tingkat kelas akhir.


    Kalau belajar di luar Pondok Gontor dikenali dengan istilah SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan SMU (Sekolah Menengah Umum) atau SMA (Sekolah Menengah Atas), tetapi kalau di Gontor dikenali dengan istilah KMI (Kulliyatul Mu'allimin al Islamiyah)yang sekarang oleh Kementerian Pendidikan Indonesia sudah diakui setaraf dengan SMU sejak beberapa tahun yang lalu.

    Oleh itu tamatan KMI Gontor sekarang ini sudah bisa melanjutkan ke beberapa Universitas seperti UIN, Univ. Brawijaya, Univ. Malang yang ada di Indonesia. Bahkan sudah cukup lama para tamatan KMI Gontor sudah bisa melanjutkan di Universitas-universitas di Timur Tengah seperti Univ. Al Azhar Mesir, Univ. Islam Medina dan lain-lain.

    Pelajaran-pelajaran umum selain pelajaran-pelajaran agama juga diajarkan di KMI Gontor setingkat SMP dan SMA namun tentunya berbeda porsi pelajaran yang diajarkan.


    Semua itu dimaksudkan agar para tamatan KMI Gontor masih bisa memasuki Universitas Umum jika mereka menghendakinya. Dan tentunya mesti ada pelajaran tambahan yang harus diperdalami sebelum test masuk Universitas yang dikehendaki.


    Bahasa percakapan Di Gontor diwajibkan menggunakan dua bahasa yaitu Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Namun untuk 6 bulan pertama murid-murid baru diperbolehkan menggunakan Bahasa Indonesia dan harus meninggalkan bahasa daerah.
Fasilitas
Kompleks pondok pada umumnya terdiri dari masjid besar, aula, gedung dua lantai, dan sekolah. Bangunan asrama melingkari bangunan sekolah.
Terdapat juga:
Biaya sekolah dan sumber dana
  • Biaya pendidikan bagi siswa di KMI sebesar Rp. 350.000 per bulan, terdiri dari Rp. 170.000 untuk uang makan dan Rp. 150.000 untuk biaya pendidikan, 30 ribu uang kegiatan.
  • Dosen dan pengasuh pondok tidak pernah digaji
  • Manajemen pesantren dilakukan secara swadana dan swakelola
  • Sumber pendanaan berasal dari santri dan pengembangannya dikelola dalam beberapa unit usaha untuk mendanai pendidikan, pengajaran, dan pengasuhan.
  • Seluruh pengelola adalah keluarga besar pondok yang terdiri dari para santri dan dosen.

     Alumni
      Lain-lain
  • Rencana pengembangan Institut Studi Islam Darussalam (ISID) menjadi universitas dan membukanya untuk umum.
  • Merencanakan menambah program pendidikan bahasa Mandarin mengingat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Cina yang pesat.
  • Para santri/santriwati kelas I-IV dilarang menonton televisi. Saat mereka menginjak V dan VI mereka diizinkan untuk menonton televisi dengan jam terbatas. Hal ini dimaksudkan agar santri/santriwati hanya mendapatkan hal-hal positif, sampai mereka cukup dewasa untuk berpikir, setelah itu baru diberikan hal-hal yang negatif- itupun hanya sebatas pengetahuan.